Ikuti 6 Tips Jitu Ini Jika Ingin Tukar Tambah Mobil

Salah satu cara jitu menghemat pengeluaran jika ingin mendapatkan mobil baru adalah dengan melakukan tukar tambah mobil. Dengan begini, mobil Anda yang lama bisa dimanfaatkan dengan baik dan Anda juga tak perlu mengeluarkan dana seharga mobil baru yang diincar. Jika Anda ingin proses tukar tambah yang dilakukan menguntungkan, ikuti 6 tips jitunya berikut ini.

  1. Poles Ulang Mobil Lama yang Akan Dijual

Perawatan mobil sangatlah penting, terutama jika Anda berniat untuk menjualnya agar bisa membawa pulang mobil baru. Banyak pengguna mobil yang tak begitu memperhatikan perawatan mobilnya, sehingga akhirnya harga jual mobilnya jadi turun drastis. Jika tak sempat dilakukan secara rutin, setidaknya poleslah sebagus mungkin mobil Anda sebelum dijual.

Sebelum dijual, pastikan Anda mengecat ulang body mobil agar kesan yang ditampilkannya baru dan cerah. Banyak kok tersedia tempat poles mobil, yang siap sedia memoles mobil lama Anda sehingga jadi terlihat baru dan tentunya layak jual. Semakin bagus polesan pada mobil lama Anda tersebut, maka kemungkinan taksiran harga jual yang lebih tinggi akan bisa Anda peroleh.

  1. Lakukan Penjualan Sebelum Mencapai 80.000 Kilometer

Semakin jauh jarak yang ditempuh oleh mobil, maka akan semakin berkurang daya tahan, kualitas, serta kenyamanan Anda saat mengendarainya. Bahkan, pada tahun pertama setelah pembeliannya, nilai jual mobil bisa berkurang hingga 25 persen, loh! Makanya, jika memungkinkan, lakukan penjualan mobil sebelum menempuh jarak sekitar 80.000 kilometer.

  1. Lakukan Pengecekan Harga Sebelum Menjual Mobil

Sebelum Anda menjual mobil lama untuk membeli mobil yang baru, lakukan dulu pengecekan harga mobil lama tersebut di pasaran. Jangan langsung jual saja tanpa mengecek harganya terlebih dahulu, karena takutnya mobil Anda akan dihargai di bawah harga pasar. Dengan mengecek harga, Anda bisa menjual mobil dengan harga ideal dan memperoleh jumlah yang menguntungkan.

  1. Pastikan Melakukan Transaksi di Dealer Terpercaya

Anda yang ingin melakukan tukar tambah mobil harus memastikan dealer tempat melakukan transaksi memiliki kualitas yang bagus dan dapat dipercaya. Pastikan dealaer tersebut memiliki sertifikasi resmi untuk menjalankan proses jual beli mobil tersebut. Takutnya nanti bila Anda sembarangan saja, Anda jadi tertipu dengan dealer bodong sehingga jadi mengalami kerugian.

  1. Manfaatkan Penawaran dari APTM

Jika Anda ingin menukar mobil lama dengan yang baru namun masih bermerek sama, maka baiknya manfaatkan penawaran dari APTM. APTM atau Agen Tunggal Pemegang Merek mobil dapat mengontrol harga mobil bekas dari merek yang diusungnya, sehingga harganya pun relatif lebih tinggi. Dibandingkan dengan harga pasar, harga dari APTM bisa 5 persen lebih tinggi.

  1. Ganti Mobil Lama dengan Mobil Bekas yang Berkualitas

Jika Anda memang ingin menghemat dana, Anda bisa melakukan tukar tambah untuk membeli mobil bekas yang tentunya masih berkualitas. Jadi mobil bekas diganti dengan sesama mobil bekas.  Anda bisa memanfaatkan jasa pengecekan mobil bekas independen, untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dengan harga terbaik. Walau bekas, kualitasnya tentu saja tak murahan.

Itulah tadi 6 tips yang bisa Anda pedomani jika ingin melakukan tukar tambah mobil. Poles mobil lama Anda agar bisa terlihat kinclong, sehingga harga jualnya bisa lebih tinggi. Selain itu, pastikan mobil Anda juga tak mengalami penyok atau kerusakan pada body-nya. Jika ingin menghemat dana yang lebih banyak lagi, tukar mobil lama Anda dengan mobil bekas yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *