Manfaat Daun Seledri Untuk Tubuh Kita

Seledri memiliki kandungan air yang sangat banyak dan juga dipenuhi dengan nutrisi yang sangat luar biasa. Hal ini membuat seledri menjadi banyak di konsumsi oleh orang-orang yang sedang diet.

Apa sih manfaat daun seledri bagi tubuh kita?

Seledri ini memiliki kalori yang sangat rendah, bahkan saking rendahnya seledri sampai di juluki dengan makanan dengan kalori negative. Seledri ini mengandung beberapa vitamin dan mineral utama dan juga pada seledri banyak mengandung flavonoid tertentu yang bisa mengurangi peradangan dan juga mencegah penyakit jantung.

Sejumlah penelitian yang telah dilakukan dan hasilnya sangat mencengangkan. Penambahan seledri pada makanan bisa mengurangi resiko terjadinya kehilangan memori, kanker payudara, tumor dan bahkan kanker pancreas. Seledri juga terbukti bisa meningkatkan kesehatan pencernaan.

Itu adalah review dari manfaat daun seledri, mari kita masuk ke detailnya manfaat seledri untuk kesehatan.

1. Menurunkan tekanan darah
Sudah tidak aneh tentang fakta bahwa tekanan darah yang tinggi adalah salah satu alasan penyakit utama yang disebabkan oleh gaya hidup. Tetapi dengan mengkonsumsi seledri sekarang orang-orang tidak perlu khawatir. Seledri telah dibuktikan mengandung phthalides yang disebut dengan phthochemical yang bisa melemaskan dinding arteri dan meningkatkan aliran darah sehingga dapat mengurangi tekanan darah, salah satu penelitian di iran juga menghubungkan sifat antihipertensi seledri dengan fitokimia yang sama. Fitokimia juga merilekskan otot polos disekitar pembuluh darah. Seledri juga kaya akan nitrat yang telah dibuktikan dapat menurunkan tekanan darah. Menurut pusat medis universitas Maryland ekstrak biji seledri juga daoat menurunkan tekanan darah. Dalam pengobatan tiongkok tradisional, seledri disebut sebagai makanan dingin yang menurunkan tekanan darah.

2. Menurunkan kolestrol
Salah satu alasan utama seledri bisa menjadi bagian dari makanan orang yang sedang diet rendah kolestrol adalah karena kandungan serat dan juga sedikit nya jumlah kalori yang terkandung dalam seledri. Selanjutnya kandungan phthalide phytochemical berpotensi mengurangi kadar kolestrol sebesar 7%. Seledri juga telah dibuktikan dapat mengurangi kadar trigliserida dan kolestrol dan pada saat yang sama meningkatkan kadar HDL (kolestrol baik) sehingga bisa mengobati hyperlipidemia.

3. Mengurangi peradangan
seledri kaya akan kandungan antioksidan fitonutrien yang memiliki sifat anti inflamasi, sayuran juga merupakan sumber flavonol yang penting. Jus seledri atau ekstrak seledri juga mengurangi aktivitas protein tertentu yang terkait dengan peradangan. Seledri juga mengandung senyawa yang disebut luteolin yang bisa mencegah peradangan pada sel paru-paru, prostat, gusi dan otak. Seledri juga ditemukan dapat menghambat pertumbuhan helicon pylori, bakteri yang meng=yebabkan gastritis (radang selaput perut)

4. Membantu penurunan berat badan
Seledri adalah salah satu dari sedikit makanan ideal yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan berat badan yang ideal. Satu karena seledri merupakan sayuran rendah kalori, kedua seratnya tinggi. Serat juga membuat anda merasa kenyang lebih lama setelah makan. Kadar air dari seledri yang tinggi bisa menjadi keuntungan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, asupan air yang tidak memadai menyebabkan dehidrasi, membuat kita cepat lelah. Seledri juga mengatur metaboisme lipid dan karenanya pilihan yang tepat dalam membantu kalian menjalani diet. Seledri juga dapat dikonsumsi dengan sayuran lain yang dapat menghasilkan energy yang lebih tinggi.

Masih banyak sebenarnya manfaat seledri yang lainnya, memang kegunaan seledri ini sangatlah banyak.

Yuk kita coba konsumsi secara rutin dari sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *