Marquez Melesat, Alex Rins Hampir Mengluang Catatan Hebat

Marc Marquez keluar sebagai yang tercepat dalam balapan yang digelar di Sirkuit Jerez, sehabis mencatatkan waktu 41 menit 08,685 detik. Dominasi Marquez memang terlihat semenjak pertama start, sehabis menggeser Fabio Quartararo yang meraih start dari posisi terdepan.

Setelah disalip oleh Marquez, Quartararo tersalip oleh rekan setimmnya sendiri ialah Franco Morbidelli sehingga beliau berada di posisi ketiga. Sedangkang Jorge Lorenzo mesti turun ke posisi 15 sehabis memulai balapan pada posisi ke-11. Balapan yang terjadi di sirkuit Spanyol tersebut menarik, dengan saling mengejar antar pebalap secara sengit.

Bahkan sang juara di Sirkuit Amerika, Alex Rins, yang menempati posisi kelima di lap ketujuh berhasil memacu tunggangannya sehingga finis di posisi runner-up. Hanya kalah 1,654 detik lebih lambat dari Marquez. Padahal Rins hampir saja mengulang catatan hebatnya sehabis di Texas, beliau menjadi yang tercepat membelakangi Valentino Rossi.

Taji Alex Rins di balapan ini memang terlihat. Perlahan tapi niscaya beliau merangkak dari posisi kelima sampai menjadi yang kedua. Seperti pada lap ke-11 beliau membalap Maverick Vinales. Selain itu, momen dewi fortuna juga menaungi pebalap Suzuki Ecstar ini, sehabis sang perengkuh posisi kedua sementara Quartararo harus keluar alasannya ada dilema dengan motornya. Alhasil makin menambah peluang Rins untuk menjadi yang terdepan. Sayang sehabis menyalip Morbidelli, untuk berada di posisi kedua, Rins hanya bisa membayangi Marquez yang berada di posisi terdepan.

Duel sengit terjadi menjelang beberapa lap terakhir untuk memastikan siapa orang ke-3 sehabis Marc Marquez dan Alex Rins. Kesempatan itu menghampiri Maverick Vinales dan Andrea Dovizioso. Vinales dan Dovizioso sama-sama ngotot, namun Vinales lebih lihai sehingga beliau bisa mempertahankan posisi ketiga memasuki garis finis. Di sisi lain, Valentino Rossi bisa tampil apik dengan finis di posisi enam walaupun start dari posisi 13.